Firefox 2

Sunday, March 16, 2008

Yamaha Nouvo Elegance 135cc

yamaha nouvo 135

Lupakan soal Yamaha Nouvo Z berlampu ala Yamaha Mio Soul seperti yang ada di Vietnam. Yamaha Indonesia, boleh jadi bakal 'melewatkan' episode tersebut untuk Yamaha Nouvo di sini yang sekarang telah berhenti diproduksi (atau sekedar mati suri sebelum bangkit lagi ?). Yamaha Thailand sebagai barometer roda dua di kawasan Asia Tenggara baru saja merilis evolusi terkini dari Yamaha Nouvo series, The All New Yamaha Nouvo - Yamaha Nouvo Elegance ! Namun demikian, Yamaha Nouvo MX (Nouvo Z versi Thailand) masih tetap diproduksi.




Cukup mencengangkan ! Yamaha menjejali si Elegance dengan kapasitas mesin setara Yamaha Jupiter MX ! Teknologi yang digunakan juga mirip Jupiter MX seperti silindernya juga menggunakan teknologi DiASiL yang diklaim Yamaha lebih minim gesekan dan super kuat - teknologi turunan dari motor balap Yamaha. Hal ini diyakini mampu menekan konsumsi bahan bakar. Apalagi dengan penggunaan roller rocker arm sebagaimana yang digunakan pula di Jupiter MX.

{mosgoogle center}
Yang pasti, mesin baru ini akan membuat Elegance lebih berotot dari motor matik Yamaha sebelumnya. Can you imagine MX engine on Nouvo ? Kira-kira begitu mungkin gambaran karakter si Elegance ini. Hal ini tergambar pula dari bentuk cover CVT barunya yang lebih besar. Dari sini juga terlihat idealisme Yamaha yang selalu ingin tampil beda, tak lantas latah membuat mesin 125 cc. Sesuai dengan tag line : Yes, We Are Different. Sayang, penempatan radiatornya justru 'keduluan' Honda Click / Vario, di samping kanan dekat kaki pembonceng. Namun cover radiatornya dirancang cukup fresh dan keren. Membuat tampilan menjadi lebih berotot.


Paling revolusioner adalah tampangnya yang berubah banyak dari generasi Nouvo sebelumnya. Lampu depan meruncing dan tampak lebih lebar - mengingatkan kita pada sosok lampu depan Honda Air Blade. Ditambah dengan lampu sein depan ditaruh di 'fairing' bak motor balap menguatkan kesan bahwa Yamaha memang mencoba menempelkan aura motor balap R Series-nya di Elegance ini. Desain tebeng depan juga dipenuhi oleh aksen garis tajam yang mempertegas aura motor cepat. Dilirik dari samping, sekilas kompartemen di balik tebeng depan mirip Suzuki Hayate 125 / Skywave 125 yang penuh lekukan.

Lampu belakang tak kalah menawan. Desain sein-nya cukup ekstrim namun jatuhnya pas dengan lampu belakang yang juga dibuat baru serta behel belakang yang lekuknya mengikuti lampu. Kalo dilihat dari samping, lucunya bentuk lampu belakangnya mirip Honda New Supra Fit / Fit X / Fit S. Yah, tapi tetap berbeda dengan tampilan lampu belakang Nouvo Z yang agak 'biasa'. Menguatkan nuansa mewah, jok bagian rider tampaknya dibuat lebih tebal dan two tone untuk salah satu varian, sewarna dengan underseat cover. Secara tampilan, Elegance memang berkelas dan gaya !


Sebagaimana kelengkapan Mio Soul, sistem kunci telah dibekali dengan fitur Shutter Key. Bagasi gede khas Nouvo juga tetap ada di bagian bawah jok. Tak tanggung dan seolah ingin menegaskan gengsi Elegance, Yamaha merancang emblem baru untuk Yamaha Nouvo Elegance dan logo 3D ini pun dipasang di kuncinya. Hal ini terlihat kecil dan simpel saja, tapi menggambarkan betapa detail dan telitinya si Elegance ini dirancang. Panel spidometer tak lagi terkesan biasa dan sudah menganut sistem digital sebagaimana halnya Honda Karisma dan Suzuki Shogun 125. Tambahan lagi, kini dilengkapi dengan penunjuk temperatur. Tidak lagi mengandalkan model 'blink-blink' seperti di Jupiter MX.


Nikmati saja gambarnya dan sudah terbayang apa jadinya bila motor ini dilansir Yamaha Indonesia. Beberapa minggu lalu, Otomotif pernah menyinggung bahwa Yamaha Nouvo yang telah 'tewas' mulai menggeliat di pasaran motor bekas. Setelah tak diproduksi, malah mulai dicari. Bila Yamaha Indonesia memutuskan merilis Elegance, agaknya Yamaha Nouvo tak boleh dianggap remeh dan cuma sekedar pelengkap derita lagi. Terlebih di saat bentuk skutik sudah mulai menampakkan titik jenuh buat sebagian orang, boleh jadi abangnya Yamaha Mio ini menjadi penawar dahaga. Honda Air Blade dan Suzuki Hayate punya musuh baru ! Jelas .. jelas ... dan jelas.

Yamaha Nouvo belum tamat !

No comments: